WE ARE ONE HEART WITH HONDA | SILAHKAN BERI KOMENTAR


Selasa, 10 Desember 2013

Penyakit Baru Pada CB150R



foto: di CB di AHASS Laris Motor - Marapalam Padang

Semagat pagi masbro.....

Salam Streetfire....

Tulisan kali ini agak berat  masbro,,, soalnya ditulis dengan hati yang sidikit galau bercampur sendu....
ane beri judul
 
"Penyakit Baru pada CB150R"


Berawal dari kisah
sebelumnya,,, yang motor kesayangan ane si CB kehujanan, karena kelupaan narok di teras rumah,,, alhasil,,, si kuda besi susah dinyala-in. Kisah ini terjadi kurang lebih sebulan yang lalu.
Keesokan harinya, ane bawa tu motor ke AHASS (Mustika Agung Padang Panjang)... dengan penjelasan apa yang ane rasain.... adapun diantara penjelasan tersebut adalah:


  1. Mesin susah dinyalain
  2. Saat jalan, sering terasa enjot2an, alias jalan tersendat2...
  3. Sesekali jika dibawa pelan, atau dikemacetan, mesin mati....
  4. Saat koplin digantung, mesin juga sering mati
Atas penjelasan ane tersebut, sang mekanik langsung beraksi.... ane perhatiin tuh terus si CB,,, dipreteli sama Mekanik AHASS,,, tapi kok tidak diapa-apain ya??? Ini tindakan yang dilakukan oleh mekanik:


  1. Stell ringan seperti biasa, kopling, gas, rem, tekanan angin ban, ketegangan rantai, lampu2
  2. Cek busi,,, dibuka lalu dipasang lagi....
  3. Buka filter udara, mekaniknya bilang harus ganti, namun part pengganti ‘kosong’, yaaa tidak jadi ganti.....
  4. Test....
Mekaniknya bilang "sip dan sudah aman....."  ya udah,, ane percaya aja...

Dua hari kemudian,,, penyakit yang sama terulang kembali... namun masih sempat dibawa touring bareng teman2 S2.Com (Sumbar Streetfire Community), minggu; 24 November 2013 ke Kelok 9 Kab.50 Kota. Dan setelah itu sempat dibawa kembali ke AHASS,,, dan Cuma ganti busi.... mekaniknya bilang, motor ane "sudah aman untuk dikendarai"

Seminggu berselang, si CB sehat2 saja,,,, bahkan masih sempat juga pulang kampung dengan jarak tempuh kurang lebih 350 KM pulang-pergi (Padang Panjang - Pasaman | Kec. Rao Utara), dan alhamdulillah masih joss.... namun 2 hari kemudian, penyakit itu kambuh lagi, dan ini agak terasa lumayan akut. Sebab kecepatan motor tidak bisa lebih dari 53 KM sekalipun gas sudah diplintir full.... walah walah walah.... nih motor sakitnya apaan sich????
 
Beberapa hari sebelumnya ane juga sempat kirim email ke AHM dengan keluhan di atas... dan direspon cepat. Ane ditelpon oleh AHASS Main Dealer Menara Agung padang supaya nih motor dibawa saja ke AHASS (ane domisii di Padang Panjang, jadi anak cabang AHASS Mustika Agung - Padang Panjang) dan langsung temui kepala Mekanik. Namun, yang sebelumnya anggota bilang ybs lagi keluar sebentar, sejam menunggu (jam 10 s/d 11), orang yang ditnggu tak kunjung datang, padahal ane sudah ijin dari tempat kerja,,, malu juga kalau ijin lama-lama, kan jadi ga’ enak gan.... Ane tanya lagi; mas, kepala mekaniknya masih lama ya datangnya???... mekaniknya bilang: "mungkin masih lama mas, soalnya ada acara keluarga juga". eee alaaaahhhh.....
Akhirnya ane putuskan untuk mengundur jadwal ke AHASS. Sampailah pada saat motor ane (mungkin masuk stadium 3) dan tambah parah...

Sehari kemudian ane ditelpon lagi sama AHASS Menara Agung Padang, nanyain gimana pertemuan dengan kepala mekanik kemarin. Ane bilang; ntar motor ane bawa ke Padang aja dech....mas. dia bilang ‘oke’.

Beberapa jam sebelum ke Padang, ane kedatangan tamu (anggota group S2.Com) dari Kota Bukittinggi (Om. Fajri); cerita2,,,, and ane ceritain nih masalah motor. Saran beliau, coba isi Pertamax minimal 50rb. Mungkin bisa membantu.

Berkat saran tadi, sambil ke Padang ane ngisi 50rb pertamax... ane perhatiin dengan uang segitu dapat pertamax sebanyak 4,31 Liter (berarti hrga 11.600an/ltr). Lumayanlah.... dan,,,, eng.... ing.... eng.... perjalanan (80an KM) pun lancar... Alhamdulillah....  namun memnjelang sampai, si CB sedikit berulah lagi dengan penyakitnya.... walau masih dibatas toleransi...

Singkat cerita, pagi minggu (8 Desember 2013) ane bawa nih motor ke AHASS Laris Motor – Marapalam Padang, masih anak cabang Menara Agung (minggu AHASS nya tutup).  Jarak tempuh hanya kurang lebih 3 KM, dan mesin mati sebanyak 4 kali.
Ane mintak si-CB dibongkar saja, kuras tangki, cek pump injeksi, ganti saringan udara, dll....
2 jam menunggu (karena antri), akhirnya tiba saatnya giliran si CB yang dipreteli ...
Motor dibuka, busi dicek masih oke, ini dan itu dicek, terakhir TANGKI dibuka dan dikuras.....
Wadaawww,,, ada kandungan airnya,,, namun kata mekanik, masih dibatas normal dan wajar.... setelah finish, semua kembali dipasang seperti semula. Namun,,,,, saat mesin dihidupin,,, distarternya SUSAH.... mekaniknya bilang; Pompa injeksinya bermasalah.... "Harap motor mas ditinggal saja dulu, besok baru bisa kita lakukakn pemeriksaan lebih lanjut., kita punya alatnya dan mudah2an bisa diatasi. Tinggalkan saja nomor handphone, besok mas kami hubugi" (saat itu jam sudah menunjukkan hampir pukul 3 sore).
foto: di CB di AHASS Laris Motor - Marapalam Padang
Ane percaya dan ane serahkan sepenuhnya nin motor kepada mekanik, karena memang mereka ahlinya.
Senin, 9 Desember 2013. Ane tungguin telpon dari AHASS, hp ane  tak kunjung berdering.... akhirnya jam 3 sore ane susul saja ke AHASS... ternyata eh ternyata.... Wakil kepala mekaniknya bilang (Mas Bambang | ex. Murid ane waktu Pesantren Ramadhan 2004/2005 | mudah2an urusan bisa lebih mudah dan lancar...hehehe ), bilang; kalau PUMP INJECTION tidak berfungsi: penyebab yang paling fatal adalah kemasukan air.... terutama saat motor di parkiran. Massa air jauh lebih berat ketimbang premium dan pertamax... merembet masuk 'pump injection' dan menyumbat saluran bahan bakar, sehingga 'pump' tidak mampu bekerja secara maksimal menyalurkan bahan bakar. Idealnya tekanan yang mesti dilakukan oleh pump injection adalah di atas 200 (satuannya ane lupa), lebih idealnya lagi adalah 290. namun yg trjadi pada CB ane... 'pump inj' hanya mampu pada tekanan 190... akibatnya; itulah yang terkadi selama ini: 1. Mesin susah dinyalain 2. Saat jalan, sering terasa enjot2an, alias jalan tersendat2... 3. Sesekali jika dibawa pelan, atau dikemacetan, mesin mati.... 4. Saat kopling digantung, mesin juga sering mati
__________________walah....walah....walah....
mas Bambang bilang; ane mesti  menunggu sampai PUMP INJECTION diganti, sekalian saat itu klaim, Ganti Tutup Tangki dan Kunci Kontak. karena masih garansi.... (*FC. KTP/SIM **FC.STNK ***Buku Servis) Motor Tinggal untuk waktu yang tidak ditentukan.... harapan sih bisa lebih cepat,, karena Wakil Kepala Mekaninya eKs. Murid ane.... hehehehe....
Ane harus ikhlas:
*** balik naik Bis/Travel,,, setelah sejak 2006 kagak pernah naik mobil.....
*** pergi kerja mesti naik ojek (10rb/hari)

Tapi yang jelas,,, ane kagak pernah Nyesal.... pasti banyak hikmah dibalik setiap kejadian....
Keep Safety Aja Masbro....
Semoga Bermanfaat... Salam Streetfire

91 komentar:

  1. Iya om ini sebenarnya sudah sering dibahas masalah di CB yaitu mesin Pump Injeksinya. Saya dan tmn - tmn HSFCI juga pernah ngalamin saat touring malah jadi mati mendadak disebabkan Fuel Pump nya rusak karna kemasukan Air, Jadi kalo saya sih saran kalo bisa kuras lah tangki sekitar 1 kali dalam 3 bulan atau 6 bulan. Sedapat mungkin pengisian BBM dilakukan di SPBU bukan di pedagang eceran.. Semoga bisa membantu.. Keep Brotherhood :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama ni om,salm HSFCI BALIKAPAPAN

      Hapus
    2. Terimakasih atas pencerahan nya keluhan ane sama nih kaya agan agan sekalian

      Hapus
    3. Om saya punya cb150r,thn 2014 susah dinyaliin,sdgkan pengapian normal gmn ni om ngatasinya om,mohon pencerahan nya

      Hapus
  2. Tu CB sering fulltank gak,.?

    BalasHapus
  3. tapi permasalahan CB saya gini, mnyor normal d nyalain juga enak d bawa jalan enak juga, tapi kalo jalan di bawah 80km/h mesin mati sendiri, dan lampu injksi brkedip, nah kalo kontak d matiin truz d nyalain lagi yaa nyala, nati gtu lagi klo jln, gmpang mati gitu, tapi kalo d bawa kenceng skalian malah enggak mati, itu masalahnya d apa yaa, yg tauk info nya yaa,udh d bwa k deler katanya CDI mntk gnti, tp klo CDI mti yaa msin gk idup kn, bingung niii,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas....sama ini masalahnya kaya cb saya mati kondisi jalan lampu injeksi kedip2,kalo kontak di matiin dan hidupin lgi,hidup.normal...bgtu strusnya....

      Hapus
    2. udah ketemu masalah nya belum gan

      Hapus
    3. udah ketemu masalah nya belum gan

      Hapus
    4. Hitung kedipan mil nya bang

      Hapus
    5. Sama nih mas masalah ya. Udah ketemu gak gan solusi ya

      Hapus
  4. Cb 150 r ada penyakit lain gak mas? Lg nyari2 info nih buat setiran baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas cb 150r old punya saya pengapian bagus terus mesin di cek normal tapi gak hidup hidup kenapa ya mas..tolong penjelasannya mas awalanya motor masih hidup cuman susah di hidupinnya setelah di engkol lebih dari 20x baru hidup setelah itu saya cek packing head nya ternyata bocor lalu di ganti dan selanjutnya sekarang malah gak hidup mas

      Hapus
  5. Ass...wr,, wb..
    Saya punya cbsf sejak 2014 awal maret,,
    nd.. Udah bnyk ktmu hal" seperti,,
    PATAH PER PERSENELING (udah 4X ganti)
    ..sekarang udh jalan 2 taun di KM 32xxx onGoing,
    Rumah kopling AUS, kanvas kopling AUS nd kering
    Lantaran sempat ganti PER KOPLING (karna suka mulur jika jalan jauh) DI kasih bantalan stut udah...
    Memang jd lebih halus hentakannya... Problemnya sekarang.. POMPA OLI seperti kurang maksimal..
    Jd bikin gearbox plat kopling kering, aus nd terbakar,
    ndut...ndutan diawal start..!

    BalasHapus
  6. asalamualaikum CBSF

    punya ane juga CB 2014 bulan februari
    ane udah ganti perseneleng 2x akhir nya pake per motor lain ane akalin sampe sekarang trus gak lama dari itu motor saya mogok waktu saya pulang ke rumah dari kerjaan padahal tarikan enak eh pas saya cek di benkel pinggir jalan katanya cangklong nya sobek trus saya tambal pake seltip hitam trus kata tukang bengel nya bilang saya juga punya CB sama katanya mendingan ente pake cangklong busi punya FU tapi harus dibikin lg dudukannya aman kagak yah kira2 klo gtu

    BalasHapus
  7. kalo cb150r saya lagi jalan..waktu gas diturunin tiba tiba mesin melemah...lalu saya gas nggak mau jalan..tapi motor masih hidup..itu udah kejadian 2 kali..kejadian yang pertama.masih bisa jalan lagi setelah dihidupin...yang ke dua baru tadi malem..tapi nggak mau hidup hidup....itu kenapa yah bro?

    BalasHapus
  8. Walahhh, CB sya udh 2 hari mati apa kemungkinan kemasukan air ya?? Soalnya sebelum nya ane di tinggal krja tuh si CB dlam keadaan keujanan..

    BalasHapus
  9. Cb saya baru 3 bulan.gelarnya all new cb150r.kamrat sdh klotok2 ga karuan

    BalasHapus
  10. Cb saya baru 3 bulan.gelarnya all new cb150r.kamrat sdh klotok2 ga karuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya saya 4 thn baru klotok klotok bang

      Hapus
  11. Cb bagus. Wajar mati2an karna kurang kontrol aja..
    Saya udh 2 th baru mati2an..
    Efek busi blm ganti.

    Sebelumnya sy tau bakal ada air masuk pulpump makanya saya beli si cibi langsung saya kasi seal karet untuk tanki cibi biar gak masuk air. (Seal tanki fespa). Alhasil alhmdulillah selama 2 th blm knp2 ..

    BalasHapus
  12. assalammualaikum wr wb
    cb150r sya bru 6 bulan ko motor sya di masukin gigi ga jaln dan koplingnya kya ga berfunsi tp klo lg d standarin 2 di masukin gigi ban blakang muter

    BalasHapus
  13. assalammualaikum wr wb
    cb150r sya bru 6 bulan ko motor sya di masukin gigi ga jaln dan koplingnya kya ga berfunsi tp klo lg d standarin 2 di masukin gigi ban blakang muter

    BalasHapus
  14. Cb150r ane mogok terus udh turun mesin masih aja mogok ,ke bengkel lagi ganti busi msh susah di hidupkan,mending ane jual aja ni motor bikin pusing

    BalasHapus
  15. Cb150r ane mogok terus udh turun mesin masih aja mogok ,ke bengkel lagi ganti busi msh susah di hidupkan,mending ane jual aja ni motor bikin pusing

    BalasHapus
  16. punyaku cb keluaran thn 2014 juga begitu.. Parah sehari aja udah ganti kampas kopling 2 kali..Waduh bikin stres nh motor nyampe aku ndorong nih motor dari cilandak nyampe ampera..Nyari bengkel...Nih sekarang juga kumat lg penyakitnya di engkol gak bisa..Dank klo motor di masukin gigi gak mau jalan..Benar benar nyiksa tuh motor cb150r gak ada tindakan apa dari ahas

    BalasHapus
  17. penyakit ringan gitu aja di posting hualah.... yg namanya ciptaan manusia tiada yg sempurna masbro kalau mau sempurna sesuai dengan yg anda harapkan yah anda" smua rakit sendiri jangan saling menjatuhkan... ingat masbro yg sempurna itu cuman ciptaan yg maha kuasa bukan ciptaan manusia







    #Udah_Itu_Aja

    BalasHapus
  18. Coba beli ECU keluaran BRT utk CB150R non facelift sekalian remote nya. nanti bisa dilakukan diagnosa, part apa aja yg rusah. ECU nya akan mampu membaca TPS (posisi Throttle), Ignition, Injector, Injection Pump-nya dll. kalau ada yg rusak, remote akan memberikan informasi bahwa part tsb Off (break).

    Lewat Diagnosa yg ada di remote akan keliatan tuch apakah posisi intake nya miring atau lurus, kabel gas nya ketarik atau nggak.

    Injector nya juga bisa dirawat dengan menyemprotkan bensin dari Injection Pump tanpa mesin dihidupkan.

    bukan promosi ya, Bro ... sekedar bagi2 info aja. Ane udah pake juga ...

    BalasHapus
  19. Mau tanya dong agan semua.

    CB punya saya seminggu terakhir sering ERROR sistem Listriknya (seperti Motor yg AKI nya Soax, Speedometer nya juga sering Error) Itu kira-kira penyebabnya apa yaa ?
    Dan sore ini ngalami HAL yg sama mungkin dengan Agan yg lain yakni MOTORNYA NGEMPOS DAN BEBERAPA KALI MATI SAAT JALAN. Kira" penyakit nya apa ya ?

    Soalnya belum sempet bawa ke BENGKEL AHASS.

    Terima kasih, mohon infonya Gan.

    BalasHapus
  20. Mau tanya dong agan semua.

    CB punya saya seminggu terakhir sering ERROR sistem Listriknya (seperti Motor yg AKI nya Soax, Speedometer nya juga sering Error) Itu kira-kira penyebabnya apa yaa ?
    Dan sore ini ngalami HAL yg sama mungkin dengan Agan yg lain yakni MOTORNYA NGEMPOS DAN BEBERAPA KALI MATI SAAT JALAN. Kira" penyakit nya apa ya ?

    Soalnya belum sempet bawa ke BENGKEL AHASS.

    Terima kasih, mohon infonya Gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Speedonya eror gmn gan? Klo dibawa jln lmpu & sein redup gk sinarnya? Terus klakso suarany normal gk?

      Hapus
    2. Speedonya eror gmn gan? Klo dibawa jln lmpu & sein redup gk sinarnya? Terus klakso suarany normal gk?

      Hapus
  21. Coba reset ECU nya aja, gan...
    Ada di bawah tangki dekat injection. Di dalam karet hitam. Nanti ada soket dummy warna merah. Coba dilepas tutup nya yg warna merah.
    Ada empat kabel di dlm soketnya.
    Warna hitam adalah ground, warna orange adalah power dan dua sisa nya adalah data. Dalam posisi engine Off dan kunci off, hubungkan kedua kabel data tersebut dg bantuan kabel kecil. Setelah terhubung, putar gas hingga pool, tahan dan posisikan kunci ke ON. Tunggu hingga 3 kali kedipan pada engine sensor nya. Setelah sensornya diam (tidak berkedip), matikan kunci saklar dan cabut kabel kecil tadi.
    EcU sdh ter-reset.
    Coba hidupkan mesin dan lihat hasilnya....

    Semoga membantu, bro...

    BalasHapus
  22. Klo kejadiannya susah nyala, ato butuh bbrp kali starter br mau nyala ada yg pnh ngalamin kah?

    BalasHapus
  23. Asalamu alalaikum saya mau tanya nih cb saya kalau habis kejemur suka tersendat dan mati,kenapa ya? penyebabnya apa?

    BalasHapus
  24. Kalau ada yg tau tlg dong sarannya

    BalasHapus
  25. mohon pencerahan bagi suhu" d mari yg paham cb150r kenapa soket dari spul sering leleh (ke bakar).
    terimakasih sebelumnya, bagi yg menjawab q do'a kn rejeki ny lancar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jd soketnya longgar gan. Coba diganjal sama kabel serabut

      Hapus
    2. Bisa jd soketnya longgar gan. Coba diganjal sama kabel serabut

      Hapus
  26. Ass. Gann klo motor cb mati total knp y? Awalnya di stater nyala tiba" mati di kunci kontak tdk nyala. Di enkol pun berkali" gk bisa nyala

    BalasHapus
  27. Saya punya cb facelift,penyakitnya memang di stelan kamratnya kurang bagus.baru 2 bln kamratnya sdah bunyi

    BalasHapus
  28. Maaf mas bro cb saya udah ganti pompa bensin set tapi tetep ga mau nyala normal maunya di gas2 terus... Ga mau pangdam..kalo di gas di atas 3rb mesin oke kalo gas di lepas langsung mati itu know ya ..tolong dong masbro yg tau...

    BalasHapus
  29. Punya saya juga gitu gan tpi gak sering sering amat,biasanya punya saya pas di lepas/ dikurangi gas nya tiba tiba mati

    BalasHapus
  30. Misi mas broo mau tanya..
    ECU yg sudah eror bisa di perbaiki lagi gk?
    Atau d reset gitu?
    Atau memang sudah harus d ganti UCU nyaa..
    Soal nya motor saya pas d bawa ke bgkel AHASS kata nya ECU nya udh eror..
    Harga ECU lumayan mahak juga sih Rp.690.000

    Mohon yg tau d kasih penjelasan heheheh

    BalasHapus
  31. Sya juga mengalami masalah hampir serupa sama mas-mas, diantaranya:
    1. Sering mati2, : manasin, berhenti ketika lampu merah, dan kadang pas lagi kencang waktu nurunin persneling
    2. Jelas tenaga motor ga full, kadang tersendat2 kalo lagi laju
    3. Pas ditarik gas, asap hitam sangat pekat , catatan: padahal udah ganti busi, dan udah diganti juga ama pertalite dan pertamax di spbu.
    4. Waktu hand starter juga kadang spedonya mati dulu, sekitar 2-4detik baru nyala lagi. (Ada bunyi "tek"" di akinya.

    Pas dibawa ke bengkel resmi, katanya disebabkan oleh ecm / ecu udah melemah dan harus diganti. Trus katanya juga asap hitam itu juga disebabkan oleh ecm/ecu, solusinya beli baru ecm / ecunya dengan harga yang lumayan besar. Mohon petunjuknya mas dan abang ��

    BalasHapus
  32. Minta saran nya mas.si CB habis di cuci,pas mau starter susah bgt,gk mau nyala.
    Penyebabe apa ya,,yg kemasukan air

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Saya beli cb oktober 2014, sampe sekarang untuk kelistrikan ndak ada masalah cuman pernah 2 kali mogok tiba2 setelah masukkan gigi. Baru2 ini jadi sering over heat, sampe uda ganti pompa radiator, cek kipas & bahkan sempat bongkar mesin untuk sekrap. Tp ttp aja di jalan macet dikit overheat lagi. Knp ya mas mas?

    BalasHapus
  35. Dari awal yg coment yg punya cb thn 2014
    Yg tahun 2015 keatas apa adem adem aja
    Saya punya thn 2015, tepatnya saya terima Maret 2015 blm ada kendala apapun, saya jg gak ikutin kali anjuran perawatan dari bengkel resmi. Cuma saya komit utk BBM saya pakai Pertamax dan ganti oli setiap 2000-2500km. Saya pernah sekali overheat tp itupun karena saya paksakan si cb jalan dgn jarak 120km dalam 1 stgh jam ya bisa di blg rata2 80-100km/jam lah dan itu pulang pergi jadi totalnya 240km kurun waktu 3 jam, ya saya sih mikirnya wajar overheat, jadi ceritanya si cb saya kasi nafas sktr 20mnt dgn cara kunci kontak tetap on agar kipas radiator tetap nyala
    Selebihnya gak pernah masalah, malahan saya udh pake iridium buat businya,.

    BalasHapus
  36. Cebong ane sept 2014.. Penyakit² sama seperti kebanyakan koment di atas...
    Kalo udh ginih jd berfikir buat ganti tunggangan.. Dari pd sering di repotin di jalan apalagi perjalanan jarak jauh

    BalasHapus
  37. Mlm gan sering aja nih.
    Ane punya sb150r penyakitnya di cdi mati total udah pernah ane ganti ga kuat lama cuma / hari mati lg.
    Trus ane beliin lg cdi ama kabel bodi bisa idup tpi mati lg setelah di panasin 4 jam.
    Itu kendalanya di apa ya tolong yg tau kasih jawaban.

    BalasHapus
  38. Coba ganti spull sm kiprok nya, gan...
    Ada yg korstlet kayaknya.

    BalasHapus
  39. Mau tanya mas, cb ane taun 2014
    Gejalanya gini waktu motor udah hidup ga tau malah mati aja mesin nya, dan di coba di stater eh ga bisa malah lampu spidonya ngedip kalo di stater tuh tp kalo di engkol bisa hidup lagi dan yang anehnya ketika posisi hidup trus di stater ko mesinnya malah mati
    Minta infonya gan

    BalasHapus
  40. Mas mw tanya nih w kan pke new cb 150 r barusna pas gw pake udh 2x sikiringnya putus mana pas putus dibtengah jalan yg lg macet lg alhasil mw gmw dorong motor dri tngah jalan, hampir sejam saya ukik tuh motor knp tiba2 mati speedo meter pun ga nyala mati total saya kira dari aki ternyata aki jg masih bagus, saya cba cari penyebab lainnya ternyta dri sikring saya liat udh gosong oke saya gnti tp ga lama kmudian gjla yg sama terulang kembali pas mw gw hidupin eh mati total lg saya gnti lg sikringnya, kira2 knpa ya bisa gtu???

    BalasHapus
  41. Kebetulan tadi pagi abis ngebedah all new cb ane di bengkel pinggiran yang keluhannya yaitu motor ajrut"an klo dibawa langsam disemua tingkatan RPM...pas dicoba pakai ECU/ECM motor cb lain itu penyakit langsung hilang dan dapat disimpulan bahwa harus ganti ECU/ECM baru yg harganya hampir sejutaan..sekian

    BalasHapus
  42. Gan cb saya sering mbrebet dan mati saat mesin panas kira kira apanya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Spull nya minta diganti tuch, gan. Kalau bisa jangan pakai spull imitasi, ECU nya agak rewel. Kalau budget nya mepet, gulung ulang aja di bengkel gulung dinamo. Hasil nya lbh bagus dibanding spull imitasi. Tapi tergantung bengkel nya juga sich....

      Hapus
  43. Mas bro,nih sama persis ceritanya sama motor cb150r saya,,,tapi dulu udah pernah ganti pompa minyaknya eehhh sekarang mulai lagi nesunya..
    Yg gak yes banget dijalan tanah batu lancar,tpi diaspal gas dikit langsung mau mati mati tu motor,,
    Kira2 apanya ya mas bro?
    Terus ketambah sekarang air radiatornya kurang2 terus,tapi gak ada bocor ...

    BalasHapus
  44. Mtor cb saya kalo stelah hand starter trus spedonya mati terus idup lagi, kira" solusinya gimna ya gan? Apa cma perlu reset ECU aja apa gimna ? Mohon solusinya

    BalasHapus
  45. Selamat malam semuanya, maaf saya mau tanya, motor cbr150r saya susah di starter dan tarikan gasnya brebet, kira-kira apa penyebabnya iya, mohon saran dan pendapat dari semuanya terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
  46. Mas bantu dijawab..motor ane cb150r 2013.nah waktu lagi ke Bogor..jalan nna naik turun nah motor nya tuh ngotot banget jalannya meskipun saya sendiri..Napa ya? Thanks.

    BalasHapus
  47. Ane punya cb di stater sama di engkol kok gak bisa nyala ya? Terus kalo dikontak on kedap kedip semua sistemnya kalo di engkol kok nyeplos perlahan itu apa ya gan semua penyakitnya motor udah 1 minggu gak nyala mohon infonya kerusakan apa yang harus dibenerin supaya cb ane bisa nyala lagi kaya normal gan thanks.

    BalasHapus
  48. Cb sya start awal ndut ndutan, apalagi pas macet buka kopling dikit jlan ga mulus kya mau loncat2. Tolong solusi nya?? Padahal udh gnti kaki 4 sma pasangan nya plus kamkop gnti ori, per ganti tiger,karet kopling udh gnti. Tpi masih aja kaya gtu.. Kesell jdinya pgn jual aj ni si cb.. :)

    BalasHapus
  49. Motor cb 150r saya kalau starter elektrik harus tarik kopling dulu..
    Padahal sebelumnya normal normal saja starter elektrik seperti biasanya...
    Mohon penjelasannya bagi yang tahu..

    BalasHapus
  50. Cb150r saya kalo gass besar nyendat tapi mesin mati kenapa ya , mohon. Info nya,,

    BalasHapus
  51. Maaf mas...CB saya pas di gigi 1 tidak ada bunyi ngik ngik, tpi pas di gigi 2 rpm rendah itu suara ngik ngik kenceng banget. Sedangkan gigi 3-6 suara normal...kira kira masalahny apa yah..?

    BalasHapus
  52. assalamualaikum. om mau tanya nih. cibi ane keluaran thn 2013. ane beli second baru megang 1 tahun. baru megang -+ 3 bulan soket dan spul terbakar. lalu ganti. nah jarak 6 bulan motor mogok.di starter gbsa, selah pun gbisa . sebelum mesin mati kondisi area spull panas sekali. apanya ya om ? terima kasih

    BalasHapus
  53. Kipas radiator kalu panas ko gk idup knpa yaa om?? Tpi di sepedo ya gk adh tanda ya kalu panas.. apa masalah ya...

    BalasHapus
  54. Mohon bantuannya agan agan,cb sy keluaran 2013,motor susah nyala kalau diengkol,giliran nyala kalau gak ditahan gasnya,langsung mati,gasnya juga brebet,jadi bunyinya gak normal n asap yang keluar warnanya hitam

    BalasHapus
  55. Mau tanya nih motor cb saya kontaknya klo dimatikan malah nggak mau mati, malahan stater sendiri, penyebab apa yah, soalnya motor saya blum diperbaiki

    BalasHapus
  56. Namanya juga honda pabrikan karawang indonesia, kualitas tidak sama dengan pabrikan jepang.

    BalasHapus
  57. Alhamdulillah,,,,Cb saya sudah 6 th lancar jaya,,,,,paling cuman ganti saringan hawa sama busi,,kanvas rem,,,dan seal sock depan,,,,intinya kalau mau ttp sip,,,harus di rawat jga yg sip ya gan,,,jgn cuman pake,,terus minyak isi yg botolan,,,oh iya gan,,kalau bisa oli 1 bulan ganti,,pasti sip deh

    BalasHapus
  58. Cb 150 r sya mati, udah di cek spull kiproknya aki bagus,full pam bagus tapi klw lepas kiproknya nyala ada kesalahan apa yh mas bro mohon pencerahannya??

    BalasHapus
  59. Cb 150 r saya hidup stasioner tapi kalo di gas spontan langsung mati tapi kalo di stater hidup lagi kalo buat jalan juga bisa asal bawanya langsam kira*apanya yaah

    BalasHapus
  60. Aku dah lima kali dikerjain..tiba tiba mati di jalan..gak oernah ketemu masalahnya..ni lagi mati lagi...

    BalasHapus
  61. Motor ane cb150 StreetFire, gejalanya motor di starter terus ane matiin dalam kondisi kontak off tapi mesin gak mati dan starter nya bunyi terus,itu kenapa ya?

    BalasHapus
  62. Assalamu'alaikum dan salam untuk sesepuh CB.
    Saya ada keluhan sama motor saya CB150R SF. Saya beli akhir Oktober 2019, sekarang baru jalan 2 bulan. Yang jadi masalah itu kenapa yah, kalau udah sampai, gigi kan mau dinormalin, itu suka keras banget, kadang malah gak bisa. Sesekali emang bisa langsung normal. Tapi yang paling sering ya harus dimatiin, hidupin lagi baru bisa dinormalin. Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  63. Saya punya motor cb 150r kalau di gas cepat malah bunyi ngingning

    BalasHapus
  64. Iya saya punya cb 150 berkendala jga pertama di hdupkn normal tapi klo dah jln sekitar 3 km gtu nyedat" yang lebh kesal nya waktu di lampu merah tiba" mendadak mati

    BalasHapus
  65. Saya baru ambil unit cb150r jadi saya kurang begitu paham masalah unit ini om.
    Kendala nya sekarang si cb sering mati mendadak tapi hidup lg
    Permasalahannya dimana ya om???

    BalasHapus

Silahkan Masbro,,, Dikomentari...