WE ARE ONE HEART WITH HONDA | SILAHKAN BERI KOMENTAR


Sabtu, 22 Juni 2013

CARA BACA SPESIFIKASI BAN



CARA BACA SPESIFIKASI BAN

Ban pada sebuah kendaraan (terutama di jalan raya) merupakan komponen wajib yang harus ada. Mungkin sesekali seorang pengendara motor mengganti ban motornya, entah karena sudah rusak, bocor ataupun karena sekedar ingin merubah penampilan motor dengan ban baru yang berbeda. Pada saat mengganti ban, mungkin pernah kita lihat disana tertera kode-kode pada bagian samping ban tersebut, apa sih makna kode tersebut?

Baiklah, untuk memperjelas pemahaman mari kita lihat gambar dibawah ini:
http://lh3.ggpht.com/_gWMAlrMzovc/S3udHZ6i4qI/AAAAAAAABY4/kf0_OsZKYwo/motorcycletyremarkingschart10.png?imgmax=800

Ukuran Ban (Size Designation)

Pada saat membeli ban baru (terutama tanpa sample ban lama) kita akan ditanya oleh penjual ban “Mau yang ukuran berapa?”. Ada dua buah standar ukuran yang digunakan oleh pabrikan ban, beberapa toko mungkin ada yang menyebut nilai “2.50-17” dan sebagian besar toko lainya menyebut nilai “100/90-18”. Kedua nilai ini benar tetapi mengacu pada dua buah standar internasional yang berbeda.
Untuk ban dengan ukuran 2.50-17 mempunyai arti sbb:
  1. Lebar tapak ban (Normal Section Width) adalah 2.50 inch,
  2. Ukuran diameter velg (Rim Diameter) adalah 17 inch,
  3. apabila setelah nilai 2.50 siikuti dengan garis miring dengan nilai lainya semisal 2.50/60, maka tebal atau rasio tinggi ban adalah 60% dari tapak ban = 60% x 2.50 inch.
Untuk ban dengan ukuran 100/90-18 mempunyai arti sbb:
  1. Lebar tapak ban (Normal Section Width) adalah 100mm,
  2. Ukuran diameter velg (Rim Diameter) adalah 18 inch,
  3. Rasio tebal/tinggi ban (Aspect Ratio) adalah 90% dari lebar tapak ban atau 90% x 100mm = 90mm.

Maksimum Beban dan Kecepatan (Service Description)

Beban maksimal dan kecepatan biasanya ditulis menjadi satu di dalam tanda dalam kurung, misal “(73W)”. Angka “73” meripakan indeks beban (Load Index) dan Huruf “W” merupakan simbol kecepatanya (Speed Symbol). Untuk mengartikan simbol dan indeks diatas dapat dilihat dari tabel berikut ini:
Tabel Kecepatan:
Speed Symbol
Speed (km/hr)
Speed Symbol
Speed (km/hr)
K
110
S
180
L
120
T
190
M
130
U
200
N
140
V
210
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhsk-sEEpHyq5mpiLaV29eeMw3iwOnRfjTgazXvblBAONmas40ZFqHFdtG21kkrfvKUKAZ7NmSHM_KkkE_07nEacwTdogeRxN-4foTgjDqRhuAo-bziLYrjYakFhkttq9bo2XPZ5z4Yl-yZ/s320/BAN+2.png

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi4bLdLhkwQ7HhyphenhyphenJ4Ilbiz4hsC3QCiJotp9Wcgel1JTAiixztqBSUVmEAXBUd2_4YCGn3yllZcuID3fDXhGNEVJpYytO6C4PiAyurRK_DHyrlofkt-ipXeZvh7Q7grLD9joCKhrBop0ooPI/s320/Foto021+copy.jpg
     Mau ganti ban yang lebih lebar? atau mau ganti yang lebih kecil? Tentu sah-sah saja jika anda ingin mengganti ban dengan ukuran yang sesuai dengan style anda. Tapi ada yang perlu diperhatikan saat ingin mengganti ban, yaitu cocok atau tidak ban yang akan dipasang ke velg. Langsung saja ke contohnya, ban dengan ukuran 100/80-17 tidak akan cocok dengan  velg ukuran 1.20 x 17 karena bibir velg terlalu kecil sehingga ban tidak masuk ke velg.

     Ada 4 kategori kembangan tapak ban setelah dipasang ke velg, yaitu pas, oke, bulat, kotak dan tidak cocok.
Pas, artinya sesuai antara ukuran ban dengan velg yang dipasang. Kategori Pas permukaan bannya menapak sebagian besar ke aspal dan hanya menyisakan sedikit permukaan ban yang tidak bergesekan dengan aspal.
Kategori Pas sangat bagus untuk handling dan kstabilan karena permukaan bannya menapak semua tapi tentu saja dibalik keuntungannya pasti ada kerugiannya, yaitu akselerasi maupun top speed berkurang lantaran
bidang permukaan yang bergesekan dengan aspal jadi lebih banyak, ujung-ujungnya bisa boros bensin. Untuk menikung, kategori Pas tidak begitu cocok karena permukaan bannya hampir tidak bersisa untuk menikung rebah dengan sudut yang berlebihan.

     Menikung rebah dengan sudut agak diluar normal membutuhkan bidang luar permukaan ban yang cukup karena akan bergesekan dengan aspal. Tidak kebayang kan jika nikung rebah tapi tidak ada permukaan ban untuk bergesekan dengan aspal, bisa gedubrak.  Kategori Oke, ban bisa terpasang dan baik untuk nikung, mau rebah dengan sudut ekstreem maupun nikung biasa. Memiliki permukaan ban yang tidak bergesekan dengan aspal dan bidang yang bergesekan hanya ada ditengah. Kategori ini cocok untuk mengejar akselerasi, top speed maupun untuk menikung, namun untuk handling tidak begitu bagus karena bidang yang bergesekan hanya ada ditengah sehingga bidang permukaan ban yang mencengkram aspal juga tidak sebanyak Kategori Pas.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiHLLMydl3jr0YjtYKBO5uaxoUPaGyyCL42yMZeIJfTJsUIbr1q9B5z5bF5HRqhFHQAoHPV08SPfQ-tK7MbgAQiAPFcDzi_PcIwOMhSrf6GdbMHRbBSpWpgCjb_d0L_haj0FIGW9dc243ED/s320/Foto018+copy.jpg
kategori ban "oke"

     Kategori Bulat mempunyai banyak bidang permukaan ban yang tidak. Kategori Kotak juga hampir sama seperti Bulat, tidak direkomendasikan karena permukaan ban semuanya menapak aspal bahkan kurang dan menjadikan ban menjadi bentuk kotak yang bukan nama band itu ya. Kategori Tidak cocok, yang ini sudah jelas karena artinya ban tidak bisa masuk ke velg yang akan dipasangi. Untuk lebih jelasnya silakan lihat tabel.

Velg 1.20 x 17"

2.00-17 = 50/90-17 ==> oke
2.25-17 = 60/90-17 ==> pas
2.50-17 = 70/90-17 ==> oke
2.75-17 = 80/90-17 ==> bulat
3.00-17 = 90/80-17 ==> tidak cocok
3.50-17 = 100/80-17 ==> tidak cocok
4.00-17 = 110/80-17 ==> tidak cocok
120/70-17 ==> tidak cocok


Velg 1.40 x 17"

2.00-17 = 50/90-17 ==> kotak
2.25-17 = 60/90-17 ==> oke
2.50-17 = 70/90-17 ==> pas
2.75-17 = 80/90-17 ==> oke
3.00-17 = 90/80-17 ==> bulat
3.50-17 = 100/80-17 ==> tidak cocok
4.00-17 = 110/80-17 ==> tidak cocok
120/70-17 ==> tidak cocok


Velg 1.60 x 17"

2.00-17 = 50/90-17 ==> tidak cocok
2.25-17 = 60/90-17 ==> kotak
2.50-17 = 70/90-17 ==> oke
2.75-17 = 80/90-17 ==> pas
3.00-17 = 90/80-17 ==> oke
3.50-17 = 100/80-17 ==> bulat
4.00-17 = 110/80-17 ==> tidak cocok
120/70-17 ==> tidak cocok


Velg 1.85 x 17"

2.00-17 = 50/90-17 ==> tidak cocok
2.25-17 = 60/90-17 ==> tidak cocok
2.50-17 = 70/90-17 ==> kotak
2.75-17 = 80/90-17 ==> oke
3.00-17 = 90/80-17 ==> pas
3.50-17 = 100/80-17 ==> bulat
4.00-17 = 110/80-17 ==> bulat
120/70-17 ==> tidak cocok


Velg 2.15 x 17"

2.00-17 = 50/90-17 ==> tidak cocok
2.25-17 = 60/90-17 ==> tidak cocok
2.50-17 = 70/90-17 ==> tidak cocok
2.75-17 = 80/90-17 ==> kotak
3.00-17 = 90/80-17 ==> oke
3.50-17 = 100/80-17 ==> pas
4.00-17 = 110/80-17 ==> oke
120/70-17 ==> bulat


Velg 2.50 x 17"

2.00-17 = 50/90-17 ==> tidak cocok
2.25-17 = 60/90-17 ==> tidak cocok
2.50-17 = 70/90-17 ==> tidak cocok
2.75-17 = 80/90-17 ==> tidak cocok
3.00-17 = 90/80-17 ==> kotak
3.50-17 = 100/80-17 ==> oke
4.00-17 = 110/80-17 ==> pas
120/70-17 ==> oke

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjoL-5-QDQ4ouZTgM8YRkmBVoD7A22cuZGbDaZlE05ScIKImk4mKHpH72Zhl1I0L03yMsn2aqHSZzr0LWlAzf5B-I5x0_NrgX3xhl8t2ska7x2kNl-bQnjp7t0v7yImm__AeT2cCRgwBoCK/s400/Foto022+copy.jpg
Kategori ban "Pas"

1 komentar:

  1. Gan ane punya cb150r nh..ane mau pindahin ban depan ke belakang..biar lebih pendek...ban depan ane mau pasang ban ukuran 90/80,17...ukuran velek y..2,50,17...bsa gak gan...nah ban stndart depan ukuran 100/80,17...mau ane pasang di blakang ukuran velek stndart y 3,50,17....biar lbh pendek gtu gan...tlg solusi y gan

    BalasHapus

Silahkan Masbro,,, Dikomentari...